RAHASIA DIBALIK KEY’S PIANO DILIHAT DARI SISI RELIGI

Oleh : Pipic

Kalau kita amatin gambar key’s di sebelah (yang saya ambil hanya intinya saja) terlihat biasa-biasa saja seperti pada umumnya sebuah key’s piano. Disetiap bagian Tut’s tersebut mewakili sebuahNotasi yang terdiri atas Silabels (yang kita kenal sebagai solmisasi),
Tut’s yang berwarna putih adalah notasi mayor C,D,E,F,G,A,B dan disela-selanya ada Tut’s warna hitam yaitu untuk notasi minor “#” : C#,D#,F#,G#,A#. Notasi-notasi tersebut dari jaman dulu tidak bisa dilepaskan keterkaitannya satu sama lain. Dan mereka saling mendukung keindahan bunyinya.
Dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari kita hidup selalu dikelilingi sebuah suara yang mempunyai sebuah notasi, Entah disengaja atau tidak bila kita kaitkan pada sisi religi khususnya untuk agama Islam, Key’s/Tut’s tersebut sangat jelas menggambarkan Tut’s yang berwarna putih dengan jumlah 7 mewakili jumlah hari yaitu senin s/d minggu sedangkan Tut’s yang berwarna hitam dengan jumlah 5 mewakili sholat 5 waktu. Jadi bila ditarik kesimpulannya, saya menyimpulkannya sebagai berikut, yaitu : dalam kehidupan sehari-hari akan terasa sempurna dan indah bila kita melaksanakan sholat 5 waktu (Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib, Isya).

Usut punya usut dalam sejarah musik ternyata Notasi ditemukan oleh para ilmuwan Muslim. Fakta penting ini diungkapkan pertama kali oleh Jean Benjamin de La Borde, seorang ilmuwan dan komponis Perancis, dalam bukunya Essai sur la Musique Ancienne et Moderne (1780), untuk artikel mengenai sejarah penemuan notasi selengkapnya klik di sini.

Percaya atau tidak……. Allahuakbar.

No comments:

Post a Comment

Recent Posts